Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Aplikasi Animasi 3D Terbaik 2023

10Terbaik.com Tekno - Jika kamu mencari software / aplikasi animasi 3d yang bagus, kamu telah datang ke tempat yang tepat. Pada artikel ini, kami akan membahas aplikasi 3D yang bisa kamu gunakan untuk membuat animasi serta desain 3d di PC & Laptop (Windows & Mac) ataupun HP & Tablet (Android & iOS).

Tom Fronczak yang merupakan seorang profesional dalam industri game, film dan teknologi desain 3D selama 15 tahun dengan gelar grafis 3D-nya untuk game seni dan desain. Dalam tulisannya berkata telah melihat serta mempelajari bagaimana setiap aspek dari industri video game 2D dan 3D banyak dipengaruhi oleh software atau aplikasi. Sehingga dalam dunia digital kompetitif setiap seniman harus memiliki setiap keuntungan dan selalu mencari pengalaman yang lebih dalam hal perangkat lunak dan teknik. Wajib untuk menguasai software / aplikasi animasi 3D terbaik dan kamu akan selalu diminati dalam industri animasi atau desain 3D yang berkembang pesat.

Kami telah merangkum 10 software animasi 3D terbaik yang perlu dipelajari dan dipertimbangkan para seniman untuk menjadi yang terbaik di industri animasi. Bagi kamu pelajar yang benar-benar pemula, kami juga punya rekomendasi aplikasi pemembuat animasi gratis yang umumnya bagus untuk pemula.

Daftar 10 Software / Aplikasi Animasi 3D Terbaik Untuk HP, PC & Laptop (Gratis & Berbayar) 

1. Autodesk Maya (Windows, Mac & Linux)


Autodesk Maya

Autodesk Maya adalah software animasi 3D Pro terbaik saat ini. Maya merupakan aplikasi animasi 3D, pemodelan, simulasi, rendering, dan compositing yang menawarkan set fitur kreatif komprehensif pada platform produksi yang sangat extensible. Maya memberikan karakter high-end dan berbagai set tool efek bersama dengan peningkatan produktivitas untuk pemodelan, texturing, dan penciptaan shader. Dengan menggunakan perangkat lunak ini, kita dapat membuat dan mengerjakan scene 3D, game, karakter, dan film 3D.

Saat ini Maya 2023, menawarkan berbagai alat dan fitur yang tak tertandingi. Namun hal yang perlu dicatat, terutama bagi kamu pemula yang baru belajar. Maya bukanlah software animasi untuk orang yang lemah. Fitur sangat rumit dan umumnya membutuhkan waktu yang lama untuk dipelajari. Namun, jika kamu bercita-cita menjadi seorang animator pro dan mendapat pekerjaan di industri animasi atau VFX, sebaiknya pelajari software ini.

2. Toontastic 3D (Android & iOS)


Toontastic 3D adalah aplikasi 3d animasi yang bagus dan mudah digunakan. Aplikasi pembuat animasi 3d ini memungkinkan kamu menggambar / membuat pemodelan 3D dan menganimasikannya.

Aplikasi animasi 3D ini bagus untuk pemula yang punya cita-cita untuk menjadi seniman, sutradara atau pembuat film kartun 3D dan cocok buat guru yang ingin membuat animasi pembelajaran 3D. Banyak juga orang yang menggunakan aplikasi animasi 3D ini untuk membuat album foto, menyusun laporan berita, membuat narasi dan lainnya.

3. Blender (Windows, Mac & Linux)


Blender adalah software atau aplikasi animasi 3D PC gratis terpopuler dan paling bagus saat ini. Blender ini juga merupakan aplikasi animasi 3D yang ringan dibanding software animasi 3D berkualitas lainnya, juga sangat bagus digunakan dalam membuat grafik 3D. Aplikasi ini dapat digunakan mulai dari pembuatan objek 3D, pembuatan animasi 3D sampai pembuatan Game 3D. Blender didukung dengan komunitas yang besar, sehingga akan mempermudah kita sebagai pemula sekalipun untuk memepelajarinya. Dikarenakan banyaknya tutorial yang tersebar di internet.

Blender ini menurut kami sangat bagus bagi kamu pemula yang benar-benar baru di Dunia animasi. Merupakan titik awal yang brilian untuk melihat apakah kamu cocok dan memiliki bakat di industri 3D. Meskipun gratis, aplikasi ini mampu menghasilkan gambar dan animasi yang setara dengan hampir semua perangkat lunak pemodelan 3D lainnya.

4. Cascadeur (Windows & Linux)


Cascadeur merupakan aplikasi animasi 3D gratis PC yang bagus untuk membuat video game & film. Aplikasi ini sendiri dibuat oleh Game developer Nekki yang juga membuat game Vector and Shadow Fight. Sehingga mereka tentunya tahu apa yang dicari pembuat game dan animator. Dengan pengalaman tersebut mereka merilis Cascadeur, aplikasi pembuat animasi game 3D untuk desain game.

Cascadeur berbasis physics, akurat untuk game dan film. Dengan aplikasi Cascadeur, pengembang dapat membuat animasi karakter yang realistis dari hampir semua jenis, baik manusia, hewan, atau makhluk lainnya – tanpa perlu menggunakan motion capture technology. 

5. Autodesk 3ds Max (Windows)


3ds Max

3ds Max ® merupakan aplikasi modeling 3D dan pembuat animasi 3D berkualitas tinggi. Menyediakan model yang komprehensif, animasi, simulasi, dan rendering untuk game, film, dan seniman animasi. 3ds Max memberikan alat-alat baru yang efisien, kinerja cepat, dan alur kerja yang efisien untuk membantu meningkatkan produktivitas secara keseluruhan untuk bekerja dengan kompleks.

Pada umumnya, software atau aplikasi PC ini sering digunakan untuk TV & produksi film, serta untuk visualisasi produk dan arsitektur. Seperti perangkat lunak saudaranya Maya, 3ds Max menawarkan banyak fitur yang sangat kuat dan lengkap terutama untuk pemodelan 3D.

6. Houdini (Windows, Mac & Linux)


Houdini merupakan aplikasi high-end animasi 3D di PC & Laptop yang dikembangkan oleh Side Effects Software of Toronto. Side Effects Software diadaptasi Houdini dari prisma suite generasi prosedural. Perhatian eksklusif ke generasi prosedural membedakannya dari perangkat lunak komputer grafis 3D lainnya. Dan Houdini merupakan software animasi 3D yang sebanding dengan Maya dan bisa menjadi opsi alternatif.

Houdini juga banyak digunakan dalam industri VFX untuk membuat berbagai citra 3D, pendekatan prosedural berbasis node Houdini memberi seniman digital tingkat kekuatan, fleksibilitas, dan kontrol yang belum pernah terjadi sebelumnya. Alur kerja nodal ini tidak disukai semua orang, tetapi Houdini juga memiliki alat yang lebih tradisional untuk berinteraksi langsung dengan poligon di layar.

7. Maxon Cinema 4D (Windows & Mac)


Cinema 4D

Maxon merupakan pengembang software animasi 3D canggih yang dikenal sebagai Cinema 4D. Aplikasi ini biasa digunakan untuk membuat rig karakter dan animasi karakter tingkat lanjut. Banyak orang mengatakan software ini jauh lebih mudah untuk dipelajari daripada kebanyakan aplikasi animsi 3D pro lainnya. Merupakan paket sempurna untuk pengguna yang ingin mengerjakan proyek animasi 3D secepat mungkin dan tentunya dengan hasil kualitas yang bagus. Meski masih diperlukan pendalaman lebih lanjut untuk penggunaan profesional.

Tool yang lengkap dan modern, membuat software animasi 3D ini sangat bagus untuk seniman yang tidak terlalu akrab dengan tool 3D tradisional. Sehingga, baik pemula dan profesional yang berpengalaman akan dapat memanfaatkan berbagai alat dan fitur program untuk mencapai hasil yang luar biasa.

8. MotionBuilder (Windows & Linux)


MotionBuilder

Autodesk MotionBuilder merupakan aplikasi animasi untuk membuat karakter 3D yang sangat bagus. Selain untuk animasi karakter 3D, MotionBuilder juga dilengkapi dengan fitur motion capture. 

Motion capture sendiri merupakan teknologi yang merekam pergerakan secara realistis dari model nyata ke dalam digital. Kamu bisa menyimpannya untuk pengeditan lebih lanjut. Proses animasi juga tidak terlalu rumit, sehingga pengguna pemula pun tidak akan terlalu kesulitan untuk menggerakkan sendi karakter dengan adanya bantuan pemecah kinematika. 

Aplikasi ini sangat bisa diandalkan sepenuhnya untuk merekam, mengedit, dan memutar ulang animasi karakter kompleks dalam lingkungan interaktif dengan cara yang lebih efisien.

9. ZBrush (Windows & Mac)


ZBrush adalah aplikasi desain 3d pc yang bagus buat sculpting dan pemodelan 3D. Aplikasi ini berfungsi dengan cara yang tidak standar, dengan alur kerja dan antarmuka pengguna yang awalnya sangat sulit dipelajari. Tapi jika kamu terus menggunakannya dan menjadi mahir, hal ini akan sepadan.

Selain sculpting dan pemodelan, ZBrush juga dapat digunakan untuk membuat peta UV dan tekstur cat, memungkinkan seniman berpengalaman untuk membuat figur, dengan pakaian dan detail lainnya, siap untuk rendering. ZBrush adalah pilihan populer di kalangan seniman yang ingin membuat mainan seperti action figure, juga dengan alat yang secara khusus ditujukan untuk printer 3D.

10. Aurora 3D Animation maker (Windows)


Aurora 3D Animation Maker adalah salah satu software animasi terbaik dengan fitur beragam fungsi. Perangkat lunak ini akan memungkinkan pengguna untuk membuat animasi 3D yang dapat mengubah logo atau teks menjadi kreasi original dan mengagumkan. Kamu akan mendapatkan kesempatan untuk mengontrol semua aspek animasi, termasuk kecepatan pemutaran, panjang animasi, dan banyak lagi. Tanpa penguasaan dasar-dasar Desain 3D, aplikasi ini memungkinkan kita dapat membuat animasi text atau logo 3D sendiri untuk judul film atau web dan juga bisa membuat intro animasi video dalam hitungan menit.