Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Aplikasi Pembuat Animasi Gratis Terbaik 2023

Animasi merupakan gambar begerak yang terbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi.

Gambar atau objek yang dimaksud dalam definisi di atas bisa berupa gambar manusia, hewan, maupun tulisan. Pada proses pembuatannya sang pembuat animasi atau yang lebih dikenal dengan animator harus menggunakan logika berfikir untuk menentukan alur gerak suatu objek dari keadaan awal hingga keadaan akhir objek tersebut. Perencanaan yang matang dalam perumusan alur gerak berdasarkan logika yang tepat akan menghasilkan animasi yang menarik untuk disaksikan.

Seorang pemula yang berminat untuk belajar animasi terkadang terkendala dengan aplikasi yang akan digunakan. Label harga pada beberapa software atau aplikasi animasi yang bagus bisa sangat mahal. Berita baiknya, ada banyak aplikasi animasi gratis yang tidak kalah bagus untuk digunakan pemula.

Berikut rekomendasi aplikasi untuk membuat video animasi 2D & 3D gratis terbaik untuk berbagai platfrom yang bagus untuk pemula dan pro.

1. Synfig Studio (Windows, Linux & MacOS)


Synfig Studio

Aplikasi Pembuat Animasi 2D Untuk PC & Laptop

Synfig Studio merupakan aplikasi gratis dan open source untuk membuat animasi 2D, dirancang sebagai solusi yang kuat untuk membuat film animasi berkualitas menggunakan vektor dan bitmap. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk menghasilkan animasi 2D berkualitas tinggi dengan sumber daya dan orang yang lebih sedikit.

Synfig Studio cukup mudah digunakan, sementara juga memungkinkan animator berpengalaman untuk membuat animasi berkualitas tinggi. Aplikasi ini menawarkan konten layer dan memiliki antarmuka intuitif yang dibagi menjadi empat jendela berbeda. Fitur penting adalah dukungan suara yang memungkinkan kamu menyinkronkan suara, musik, dan narasi ke video animasi.

Menariknya Synfig Studio menawarkan dua versi berbeda. Stable Version untuk serangkaian fitur sederhana dan sangat teruji yang dapat kamu andalkan dalam membuat proyek animasi. Versi lain, yang disebut Versi Pengembang, dimana terdapat beberapa fitur eksperimental yang mungkin masih belum sempurna, namun memungkinkan kita untuk melakukan beberapa hal bagus dengan proyek animasi yang akan dibuat.

Synfig Studio tersedia untuk Windows, Linux dan MacOS. Aplikasinya sendiri tergolong ringan dengan size download sekitar 110 MB. Tersedia versi 32bit / 64 bit dengan opsi portable atau Installer.

2. FlipaClip (Android, iPhone, iPad)


FlipaClip

Aplikasi Pembuat Animasi Untuk HP & Tablet

Jika kamu ingin membuat beberapa animasi kartun di HP atau tablet, FlipaClip bisa jadi rekomendasi bagus. Solusi aplikasi animasi gratis yang memiliki semua keistimewaan teknologi animasi modern, tetapi tetap memiliki nuansa klasik yang mudah digunakan. Selain itu, aplikasi ini juga tergolong ringan dengan size download sekitar 67 MB-an. 

Buat proyek video animasi hingga tiga layer animasi dengan fitur onion skinning untuk membuat multiple frame. Kamu juga dapat menambahkan efek lebih lanjut ke animasi dengan grid overlay. Seperti namanya, fitur paling mencolok dari aplikasi ini yaitu kamu bisa membuat kartun dari sketsa sendiri yang tampak mirip dengan flipbook.

3. Pencil2D (Windows, Linux & MacOS )


Aplikasi Pembuat Animasi PC Yang Bagus Untuk Pemula

Sama seperti Synfig Studio, Pencil 2D juga adalah aplikasi animasi yang gratis dan open source, yang tidak kalah bagus dengan aplikasi animasi berbayar yang mencapai ratusan dolar. Meskipun gratis, Pencil 2D cukup kuat untuk animasi vektor dan bitmap.

Software animasi 2D gratis ini direkomendasikan untuk pemula yang ingin belajar membuat animasi di PC desktop ataupun laptop. Pencil2D menawarkan antarmuka sederhana dan mudah dipahami. Siapa pun yang memiliki sedikit pengalaman menggunakan software animasi, bahkan yang benar-benar pemula sekalipun mungkin akan dengan cepat belajar.

Pencil2D memiliki layer, timeline, dan bilah alat dan panel ruang kerja yang dapat kamu atur ulang agar sesuai. Program ini menggunakan ruang kerja bergaya minimalis, dibuat untuk menghindari gangguan dari jendela animasi utama. Berfokus pada animasi frame-by-frame tradisional sehingga setiap frame dibuat dari awal. Muncul dengan manual untuk mempelajari cara menggunakan aplikasi secara memadai. Jika kamu masih berpikir itu agak sulit, ada beberapa tutorial di situs resminya.

Software animasi ini kompatibel dengan tiga sistem operasi utama, yaitu Windows, OS X, dan Linux. Serta juga ringan dan tidak menggunakan ram dalam jumlah besar, sehingga hampir semua komputer dapat menjalankannya. Size download-nya juga sangat kecil, yaitu sekitar 70 MB.

4. Opentoonz (Windows & MacOS)


Aplikasi Pembuat Anime Jepang Yang Gratis & Populer

Opentoonz adalah alternatif gratis untuk Toonz, aplikasi animasi 2D canggih yang digunakan oleh beberapa pembuat film animasi dan game papan atas. Bayangkan kita menggunakan alat yang sama seperti para animator Jepang legendaris Studio Ghibli atau pembuat Futurama dan SpongeBob SquarePants. Meskipun kamu tidak akan mendapatkan semua fitur Toonz Premium, versi gratis Opentoonz masih menyediakan sejumlah fitur dan alat yang mengesankan.

Dengan bantuan efek plug-in SDK, pengguna dapat dengan mudah menukar gaya gambar dan juga menerapkan efek yang keren seperti Affected Incident Light dan Wavy Distortion. Opentoonz juga sering diperbaharui berdasarkan pendapat para profesional, yang membantu menjadikannya alat yang bagus untuk pro ataupun pendatang baru dalam animasi 2D.

5. Blender (Windows, Linux & MacOS)


Aplikasi Pembuat Animasi 3D Gratis di PC & Laptop

Blender  adalah aplikasi pembuat video animasi 3D gratis yang populer dan banyak digunakan oleh para animator maupun pengembang video game di industri di seluruh dunia. Umurnya sudah lama, jadi terkait fitur kamu tidak perlu khawatir pastinya sudah canggih dan lengkap.

Meski aplikasi ini tergolong susah untuk pemula dan memerlukan waktu yang tidak sedikit untuk menguasainya. Tutorial yang tersedia sangat banyak mengingat saking populernya aplikasi Blender ini. Jadi kamu tidak akan kesulitan dalam proses pembelajaran. Apalagi hasilnya akan sebanding dengan fitur dan kemampuan Blender dalam membuat video animasi 3D.

Blender menawarkan alat untuk pemodelan, pencahayaan, operasi video setelah konversi, alat animasi lainnya, dan banyak lagi. Blender juga bekerja di semua platform utama dan sistem operasi. Tetapi jika kamu memiliki dukungan untuk OpenGL, alur kerja dan kinerja akan jauh lebih lancar.

6. Animaker (Web Browser)


Aplikasi Pembuat Animasi Online Tanpa Harus Install

Animaker adalah aplikasi pembuat animasi gratis untuk pemula, dengan fungsionalitas drag-and-drop yang mudah digunakan dan antarmukanya juga intuitif. Ada enam jenis inti video yang dapat kamu buat dengan Animaker, yaitu video animasi 2D, Infographics, Handcraft, Whiteboard, 2.5D, Typography.

Termasuk dukungan HD penuh, tata letak video horizontal dan vertikal, dan grafik yang sudah jadi untuk dipilih, kamu dapat membuat video animasi yang menyenangkan dalam waktu singkat. Fitur audio termasuk text-to-speech, opsi untuk menambahkan musik latar dan efek suara. Dimana kamu dapat memilih dari library suara Animaker atau mengunggahnya sendiri.

Jika ingin membayar untuk versi pro, kamu juga bisa mendapatkan fitur-fitur canggih, seperti kamera dalam aplikasi, multimove, kurva, efek transisi, dan efek masuk / keluar. Layaknya semua animasi PowerPoint namun jauh lebih keren dan tidak begitu murahan.

7. Tupi (Windows, MacOS, Android, iOS)


Aplikasi Pembuat Animasi Multi Platform Yang Gratis

Kelebihan dari aplikasi animasi Tupitube adalah kita dapat menggunakan tablet Android dan iOS ataupun smartphone untuk membuat video animasi 2D. Tidak perlu membayar untuk software animasi mahal jika kita hanya ingin membuat beberapa video animasi yang fun untuk dibagikan kepada teman.

Tupi adalah perangkat lunak animasi 2D gratis yang dibuat pada tahun 2002 oleh dua animator untuk mendorong animasi di Amerika Latin. Ini gratis dan open source, jadi kamu dapat mengunduhnya kapan saja untuk mencobanya dan melihat apakah menyukainya. Antarmuka adalah salah satu yang paling sederhana dalam jenis perangkat lunak ini dan sangat mudah dipelajari, sehingga kita tidak akan menghadapi kesulitan menggunakannya. Tupi memungkinkan kamu membuat bingkai animasi bingkai demi bingkai dan cut-out flash dengan tweening. Komunitas ini berkembang setiap hari, sehingga kita dapat menemukan banyak tutorial video untuk mempelajari dasar-dasar perangkat lunak. Tersedia untuk diunduh di Windows, Mac, dan Linux.

8. Stop Motion Studio (Android, iPhone, iPad)


Aplikasi Pembuat Stop Motion di HP & Tablet

Dengan Stop Motion Studio, kamu dapat membuat animasi yang bagus dan tampak pro dalam waktu yang relatif cepat, menggunakan antarmuka yang simpel dan sederhana. Dengan aplikasi animasi ini, kamu mendapatkan kontrol kamera penuh, sekaligus dapat menyesuaikan fokus, eksposur dan white balance, serta kecepatan rana. Kamu juga dapat memanfaatkan fitur interval waktu yang dapat disesuaikan.

Selain itu, Stop Motion Studio memungkinkan kamu menambahkan filter yang berbeda ke video, menambahkan latar belakang dan latar depan yang berbeda, dan menyesuaikan efek fade video. Mungkin salah satu fitur paling keren dari aplikasi animasi gratis ini adalah efek retroskopi yang memungkinkan kamu mengimpor klip video dan kemudian menggambarnya!

9. Stykz (Windows, Mac & Linux)


Aplikasi Pembuat Animasi Sederhana & Ringan di PC & Laptop

Stykz adalah aplikasi pembuat animasi PC gratis yang simpel dan termasuk paling mudah digunakan. Biasanya orang-orang memakai aplikasi ini untuk membuat video animasi stick man 2D.

Stykz sendiri frame-based, artinya animasi dibuat dari rangkaian gambar berbeda secara berurutan - frame by frame. Mengadopsi onionskins sehingga kamu dapat melihat frame sebelumnya dan bagaimana keduanya mengalir bersama. Semua pengeditan dilakukan dalam Stage. Dengan kata lain, kita mengedit dan melihat perubahan dalam jendela yang sama. Tidak perlu beralih antar tampilan. 

Stykz mendukung hampir semua sistem operasi dari Windows, Mac, hingga Linux. Kamu dapat men-download versi lengkap dari software ini pada komputer atau laptop secara gratis. Dengan size download yang sangat kecil, yaitu sekitar 9 MB saja.

10. Animation Desk (iPhone & iPad)


Animation Desk

Jika kamu mencari aplikasi animasi gratis dengan fitur yang lengkap di iPad, maka Animation Desk® Draw & Animate merupakan pilihan bagus dan cukup mudah digunakan pemula. Aplikasi ini bagus untuk menjelajahi dunia animasi dan belajar bagaimana cara membuat kartun atau video animasi untuk YouTube, TikTok, ataupun Instagram.

Aplikasi yang sudah memenangi banyak penghargaan ini memungkinkan kita menggambar dan membuat animasi frame-by-frame, dengan daftar alat gambar yang luas termasuk kuas yang dapat disesuaikan, colour-coded onion skinning, rotasi kanvas, layer, manajemen skema warna, timeline, frame tag, dan banyak lagi.

Pilihan Aplikasi Pembuat Animasi Lainnya

1. Sqirlz Morph | Aplikasi Animasi Morphing di PC Windows


Jika kamu pernah menonton film Man In Black, yang bercerita tentang alien yang dapat berubah bentuk menjadi manusia, maka kamu melihat apa yang disebut dengan teknik animasi transisi morphing. Kini kitapun dapat membuat animasi serupa dengan mudah menggunakan bantuan aplikasi gratis bernama Sqirlz Morph.

Sqirlz Morph adalah salah satu aplikasi animasi gratis terbaik yang tersedia secara gratis di internet. Aplikasi ini adalah utilitas animasi yang sangat sederhana yang memungkinkan pengguna mengedit atau morphing beberapa gambar dan video dengan mudah. Aplikasi ini mendukung sistem operasi Windows. 

2. Aurora Animasi 3D Maker (Windows)


Aplikasi Untuk Membuat Animasi Judul 3D / Banner 3D di PC & Laptop

Aurora Animasi 3D Maker adalah salah satu aplikasi animasi yang paling populer yang memiliki banyak fitur untuk membuat efek animasi terbatas di film. Kamu dapat menambahkan efek animasi khusus dalam gambar dan film dengan mudah menggunakan antarmuka. Perangkat lunak ini memungkinkan pengguna untuk menambahkan watermark untuk video dan foto dengan efek khusus. Kamu dapat menemukan banyak fitur yang berguna dalam software ini dan juga dapat men-download versi percobaan gratis dari software ini.

Jangan biarkan biaya yang mahal menjadi alasan mengapa ide keren kita tidak akan pernah terwujud. Di mana pun kamu berada dalam hal pengalaman, aplikasi animasi gratis terbaik yang tercantum di atas dapat menginspirasi untuk akhirnya mengubah ide menjadi visual, yang dapat kamu banggakan dan dapat dinikmati orang lain.

Sedangkan jika kamu punya budget dan menginginkan aplikasi yang lebih powerfull coba lihat Software Animasi Profesional Terbaik. Perangkat lunak ini memungkinkan kita untuk membuat film animasi layaknya pro. Aplikasi animasi yang kaya akan tool lengkap dan keren di PC.