Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aplikasi Pembuat Animasi 2D & 3D Terbaik

Aplikasi animasi memungkinkan pengguna untuk menghasilkan grafik bergerak dari file visual. Bergantung pada kemampuan aplikasi, pengguna dapat menganimasikan beberapa variasi grafik 2D atau 3D, baik yang digambar secara manual atau dihasilkan komputer, dan seringkali datang dengan opsi untuk menambahkan musik atau berbagai efek tambahan. 

Bagi kami, aplikasi pembuat animasi terbaik saat ini adalah Autodesk Maya. Aplikasi ini paling sering digunakan oleh animator yang mengerjakan film, acara TV, dan iklan, serta desainer grafis yang membuat materi promosi dan media situs web untuk berbagai industri. Namun kekurangannya mungkin aplikasi ini agak sulit untuk dipelajari untuk pemula. Oleh karenanya bagi pemula yang baru belajar lebih disarankan untuk membaca rekomendasi kami untuk 10 Pilihan aplikasi pembuat animasi gratis.  

Berikut pilihan kami untuk aplikasi pembuat animasi 2D & 3D terbaik di PC / Laptop Windows & Mac.

Aplikasi Pembuat Animasi 2D Terbaik : Toon Boom Harmony



Toon Boom by Harmony adalah aplikasi pembuat animasi kartun 2D terbaik pilihan kami. Aplikasi ini sudah banyak digunakan oleh para animator profesional dan studio animasi terkemuka selama lebih dari 25 tahun. Beberapa pengguna Toon Boom yang paling terkenal adalah Universal Studios, Fox Studios, Cartoon Network, Ubisoft, dan Lucas Film.  

Fitur baru yang hadir dengan pembaruan terbaru termasuk stabilizer untuk line, respons tekanan stylus, dan respons kemiringan dan sudut. Fitur standar termasuk brush engine, traditional paperless animation, deformers, cut-out animation, integrasi 2D / 3D, ekspor ke game engine, dan integrasi pipeline. Aplikasi juga mudah diintegrasikan dengan aplikasi seperti Adobe Illustrator, dan ekstensi seperti PSD, PSB, PDF, dan Bitmaps.

Opsi harga datang dalam berbagai paket (Harga yang kami cantumkan saat ini bisa berbeda tergantung kurs). Harmony Essentials berharga sekitar Rp. 280.000 per bulan, ditagih setiap tahun. Anda juga dapat memilih untuk membeli paket dengan biaya satu kali sekitar Rp. 7.000.000. Serupa dengan itu, Harmony Advanced adalah satu kali pembelian sekitar Rp. 18.000.000 (sekitar Rp. 700.000 per bulan jika tidak dibeli) dan Harmony Premium sekitar Rp. 36.000.000 sekali beli (Rp. 1.350.000 per bulan jika tidak dibeli). Kamu juga dapat menggunakan aplikasi ini secara gratis selama 21 hari; durasi yang cukup baik untuk memahami dan menjelajahi berbagai fitur animasi yang ada.  


Apilkasi Pembuat Animasi 3D Terbaik : Autodesk Maya



Kami tidak ragu untuk memilih Autodesk Maya sebagai aplikasi pembuat animasi terbaik saat ini, terutama untuk animator profesional. Selama dua dasawarsa terakhir ini, peranan Autodesk di dunia perfilman makin teramat penting. Hampir sebagian besar film imajinasi atau lebih tepatnya film animasi yang cukup terkenal di antaranya Brave dan Wreck it Ralph, dibuat menggunakan Autodesk. Bahkan, film Iron Man 3 memiliki beberapa adegan efek visual yang dibuat menggunakan Autodesk Maya dan Autodesk Flame. Apalagi harga aplikasi yang dulu terlampau mahal, perlahan turun selama bertahun-tahun dan sekarang Maya jauh lebih terjangkau, meskipun bagi banyak kalangan masih terlalu mahal (saat ini harga langganan Maya tahunan adalah $ 1.620 atau sekitar Rp. 23.000.000 dan harga bulanan adalah $ 205 atau sekitar Rp. 3.000.000), terutama jika dibandingkan dengan aplikasi lain seperti Blender dan Cinema 4D. Kamu bisa baca pilihan kami untuk 10 Aplikasi pembuat animasi 3D terbaik.

Sejak awal berdirinya, Autodesk telah merilis pembaruan setiap tahun. Dan selalu datang dengan inovasi alat dan fitur baru yang lebih canggih, meski sering kali lebih ditujukan pada animasi kelas atas dan pekerjaan simulasi. Namun hal ini berubah seiring waktu, sekarang Autodesk lebih fokus pada peningkatan sistem yang ada dan menerapkan fitur yang dipilih oleh komunitas. Ini telah mengubah Maya menjadi aplikasi yang jauh lebih baik yang terus berevolusi dan meningkat dengan cara yang lebih terfokus.

Saat ini, paling baru Autodesk telah merilis Maya 2020. Pembaruan terbaru untuk pemodelan 3D, animasi, efek visual, dan perangkat lunak rendering 3D.  Dengan Maya 2020, Autodesk melanjutkan tren dengan mendengarkan penggunanya untuk menerapkan fitur berkualitas yang sangat dibutuhkan. Mereka juga meminta Blue Sky Studios untuk membantu membentuk alat animasi, yang juga telah mengalami peningkatan besar dalam rilis ini.