Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Aplikasi Untuk Mempercantik Tampilan PC Windows

10Terbaik.com Tekno - Bagi sebagian orang tampilan desktop pada pc mungkin tidak begitu penting, tapi mungkin sebagian orang juga menganggap bahwa tampilan desktop sangat penting. Tampilan desktop di PC atau laptop yang indah akan lebih terlihat enak dipandang, selain itu juga memberi kenyamanan mata.

Tampilan standar desktop bawaan juga terkadang terlihat membosankan, dan mengganti walpaper desktop di PC atau laptop saja tidak cukup. Untungnya banyak software, widget keren atau aplikasi tersedia untuk merubah tampilan, kustomisasi dan mempercantik tampilan desktop di komputer. Kostumasi dekstop Windows sesuai dengan selera dan style kamu. Buat komputer menjadi benar-benar unik dan keren.

Mungkin beberapa software atau aplikasi ini akan memakan sedikit memori yang menghambat kinerja PC, tapi bagi kamu yang memiliki spec PC yang cukup bagus hal tersebut tak akan berpengaruh.


Berikut ini rekomendasi software atau aplikasi terbaik serta widget keren yang bisa kamu gunakan untuk memodifikasi, kustomisasi dan mempercantik tampilan desktop di Windows 10, Windows 7 & 8.

Daftar 10 Software / Aplikasi Terbaik Untuk Mempercantik Tampilan PC Windows

1. CustomizerGod (Windows 7, Windows 8 & Windows 10)



CustomizerGod merupakan aplikasi personalisasi tampilan Windows yang memiliki fitur lengkap. Aplikasi ini bisa digunakan untuk mengubah semua tampilan ikon di Windows 10. Selain itu, aplikasi ini juga kompatibel untuk Windows 7 dan Windows 8. Dalam aplikasi ini terdapat ikon baru untuk menu Mulai, bilah tugas, drive, baterai, layar masuk, waktu & tanggal, dan masih banyak lagi. Aplikasi ini juga mudah digunakan. Kamu tidak memerlukan pengetahuan khusus, cukup instal dan mulai mengutak-atik tampilan windows sesuai keinginan.

2. Rainmeter (Windows 8 & Windows 10)



Rainmeter merupakan salah satu software yang paling populer untuk mempercantik desktop atau tampilan komputer windows 8 & 10. Kamu dapat menghias tampilan komputer jadi benar-benar minimalis atau terlihat futuristik dengan menampilkan beberapa widget yang benar-benar keren dengan mudah menggunakan Rainmeter. Menjadikan tampilan windows 10 jauh lebih keren.

Rainmeter mengerjakan konsep "skins", tapi kenyataannya lebih dari itu. Dalam praktiknya, skin bisa sesederhana widget kalender atau serumit tampilan desktop baru dengan berbagai hal mulai dari penggunaan jaringan hingga widget berita terbaru.

Ada beberapa skin Rainmeter default yang bisa dijalankan oleh pengguna pemula. Untuk pengalaman terbaik, kamu perlu mempelajari cara membuat skin kustom sendiri dengan tweaker Windows 10 terbaik ini.

3. UltraUXThemePatcher (Window XP, 7, 8 & Windows 10)



Uxtheme Patcher adalah aplikasi untuk menginstal & mengganti tema Windows. Alat yang umum digunakan agar kita bisa menginstal visual style atau theme Windows kustom yang kita inginkan. Tema windows biasanya tidak mau berubah kalau belum memakai aplikasi yang satu ini, padahal menginstal tema hanya perlu melakukan copy-paste saja.

UltraUXThemePatcher adalah alat paling umum yang Kamu perlukan saat menggunakan tema pihak ketiga. Mengingat sifat aplikasi, itu akan memodifikasi file sistem. Pastikan kamu membuat cadangan penuh dari data penting dan membuat titik pemulihan sistem sebelum melanjutkan

4. Fences (Windows 7, 8 & Windows 10)



Fences adalah aplikasi pengorganisir tampilan desktop pc menjadi lebih rapih dan keren. Aplikasi ini bisa kita gunakan untuk mengelompokkan aplikasi dan folder pada desktop PC dengan tampilan yang lebih keren, rapih dan jauh lebih mudah diakses.

Seperti yang kamu lihat pada gambar di atas, kamu sebenarnya dapat memiliki grup yang berbeda di desktop dengan ikon yang berbeda. Aplikasi ini mungkin bermanfaat bagi orang yang harus berurusan dengan banyak aplikasi dan file. Start Menu pada Windows memang bagus, tetapi mengelompokkan hal-hal seperti itu di menu start terkadang kurang praktis dan dengan fences kita dapat memperbaikinya.

5. QuickLook (Windows 10)



QuickLook adalah aplikasi yang mirip dengan fitur tampilan cepat di Mac. Selain untuk tampilan windows yang lebih enak dilihat, aplikasi ini juga memiliki fungsi untuk menelusuri sesuatu dengan cepat tanpa membuka aplikasi.

Dengan QuickLook saat program berjalan dilatar belakang, kita dapat menekan spasi untuk mempratinjau foto dan konten file lainnya dengan cepat. Serta kita juga dapat menekan spasi kembali untuk menutup pratinjau. 

QuickLook dapat kamu download gratis melalui Microsoft store di Windows 10. Dan berjalan baik dengan hampir semua versi Win 10, kecuali pada perangkat Windows 10 S. 

6. CursorFX (Windows Vista, 7, 8 & Windows 10)



CursorFX adalah aplikasi untuk mengganti tampilan cursor di PC Windows. Solusi bagi kamu yang bosan dengan tampilan cursor yang begitu-begitu saja.  Stardock CursorFX adalah program yang memungkinkan kamu untuk menganti tampilan cursor di PC menjadi lebih keren.

Dalam aplikasi CursorFX sudah ada beberapa kursor unik prainstal yang bisa ditambahkan dengan pengaturan ukuran, warna, bayangan atau efek animasi dan suara. Selain itu, impor file .PNG sendiri ke CursorFX juga bisa.

CursorFX ini mudah digunakan, cukup pilih kursor dari daftar pratinjau dan klik terapkan untuk ubah tampilan penunjuk mouse secara permanan. Mengembalikan kursor Windows secara default juga sangat praktis, cukup tekan ctrl + shift + c pada keyboard.

7. File UWP (Windows 10)



File UWP adalah aplikasi pengubah tampilan File Explorer di Windows 10. Dengan aplikasi ini, tampilan file explorer di Windows 10 menjadi terlihat lebih modern. Namun hal yang perlu kamu ingat, aplikasi ini masih dalam pratinjau dan banyak fitur yang masih dalam proses, tetapi pengalam kami menggunakan aplikasi ini berjalan lancar, dan berbagai fitur bekerja dengan baik. 

8. Winaero Tweaker (Windows 7, Windows 8 & Windows 10)



Winaero Tweaker adalah aplikasi untuk memodifikasi dan kustomisasi Windows 7, Windows 8, Windows 8.1 dan Windows 10 dengan fitur yang cukup lengkap. Dari pengaturan tersembunyi hingga penyesuaian registri , Winaero memiliki banyak fungsi untuk menyesuaikan Windows 10 sesuka kita.

Beberapa opsi modifikasi atau kustomisasi tampilan Windows diantaranya mengubah warna pada title bar, kontrol animasi, ubah gaya ikon, nonaktifkan Aero Shake / Aero Snap, hentikan Windows 10 dari restarting sesudah update, Enable USB write protection, konfigurasi setting Windows update, kustomisasi setting hidden mouse, konfigurasi advanced boot options, mengubah lockscreen atau menonaktifkannya, melihat last login time, disable action center, disable live tiles, add power plans in context menu dan masih banyak tweak berguna lainnya.

Meski fitur banyak, jangan khawatir seharusnya tidak akan ada masalah. Pasalnya setiap opsi memiliki deskripsi terperinci tentang apa yang dilakukannya dan dampak negatifnya.

9. Ultimate Windows Tweaker (Windows 10)



Ultimate Windows Tweaker adalah aplikasi pengubah tampilan dan tweaker windows 10 yang lengkap. Aplikasi memiliki sejumlah besar opsi untuk menyesuaikan antarmuka Windows 10, meningkatkan kinerja, meningkatkan keamanan dan privasi, menambahkan fungsi dan pintasan ke menu konteks dan mengontrol perilaku akun pengguna.

Beberapa tweak terkenalnya termasuk, menambahkan opsi hibernasi di menu daya, mengontrol animasi Windows, mengkonfigurasi Microsoft Edge, menghapus item dari bilah tugas, mengubah warna menu, menghapus file halaman saat dimatikan, menonaktifkan layar kunci, mengontrol pemberitahuan, menambah / menghapus item dari PC, matikan layanan yang tidak diperlukan, nonaktifkan program sistem utama, nonaktifkan pelacakan, sesuaikan bilah gulir, dan banyak lagi.

Mirip dengan Winaero Tweaker, Ultimate windows Tweaker juga menampilkan deskripsi dari setiap fungsi. Jadi aplikasi ini mudah digunakan.

10. WindowBlinds (Windows 10)



WindowBlinds adalah aplikasi untuk mengatur skin khusus di Windows 10. Skin ini sepenuhnya akan mengubah tampilan windows, tombol, aplikasi, font, ikon, dan banyak aspek visual Windows 10 lainnya.

WindowBlinds hadir dengan 12 skin bawaan yang sepenuhnya dapat disesuaikan. Dimana kamu dapat mengubah warna, transparansi, font, menambahkan tekstur, dan lainnya.

Jika skin tersebut tidak cukup, maka kamu juga bisa mendapatkan ribuan skin baru dari WinCustomize.com. Banyak skin yang keren-keren, tetapi tentunya yang sangat bagus kebanyakan berbayar.